Jakarta Smart City Lounge Diresmikan

Pemprov DKI akhirnya merampungkan ruang Command Center Jakarta Smart City yang diberi nama Jakarta Smart City Lounge. Jakarta Smart City Lounge ini didesain menjadi tempat yang bisa mengakomodasi beragam kepentingan dan menjadi salah satu ruang kreatif yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan kota Jakarta. Sama halnya dengan Bandung Command Center, Jakarta Smart City Lounge juga menjadi pusat integrasi beberapa instrument seperti audio, video, peralatan sensor, sumber informasi pemerintahan dan sumber informasi masyarakat. Ruangan tersebut juga terintegrasi dengan sejumlah sensor seperti CCTV, pemantau tinggi muka air, GPS, dan lokasi sejumlah personel yang terlibat dalam operasional.

Bandung Smart City, Ini 2 Aplikasi Andalan Ridwan Kamil

Sebagai salah satu penunjang misi menuju kota pintar (smart city) Pusat kendali Bandung Command Centre menjadi unsur utama. Di instalasi canggih ini, terdapat dua software dan aplikasi unggulan yakni Media Social Mapping dan Panic Button. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, Media Social Mapping merupakan software canggih yang dihibahkan oleh pemerintah Norwegia sebagai uji coba. Piranti lunak ini mampu menangkap segala macam percakapan warga di media sosial facebook dan twitter yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik ataupun keluhan-keluhan warga terkait dengan infrastruktur.

Bogor Green Room kelak jadi Pusat Data Terintegrasi

Bogor Green Room (BGR) adalah sebuah ruang dari mana dapat dipantau geliat yang terjadi di sejumlah titik di Kota Bogor melalui closed circuit television atau CCTV. Melalui BGR yang diluncurkan oleh Walikota Bogor Bima Arya Sugiato, Selasa (7/4/2015), dapat dipantau berbagai hal, seperti keadaan lalu lintas di beberapa titik lokasi, termasuk mobilitas kendaraan kepentingan publik seperti Bis Trans Pakuan atau mobil pemadam kebakaran yang telah dilengkapi GPS. Bima Arya menegaskan, BGR tersebut merupakan tahap awal. “Ke depan BGR ditargetkan menjadi pusat data yang terintergasi semuanya, sekaligus mendekatkan Kota Bogor sebagai smart city,” kata Bima.