ARCore Lahirkan Deretan Aplikasi Augmented Reality yang Menarik untuk Android

ARCore baru dirilis sebulan yang lalu, akan tetapi developer sudah dengan cepat membuahkan hasil. Google mencoba menyoroti beberapa yang sangat menarik perhatian, tapi yang terpenting, deretan aplikasi augmented reality ini tidak terbatas pada kategori gaming saja. Di segmen gaming sendiri ada tiga yang bisa dibilang penuh intrik. Yang pertama adalah keluaran Bandai Namco ini, di mana pemain diajak untuk bermain Tamagotchi, tapi dengan imbuhan elemen city building. Membangun kota virtual-nya (dinamai Tamatown), tentu saja berlangsung dalam tampilan augmented reality – bisa di atas meja makan atau di mana saja ada permukaan datar. Tamatown ini tentunya juga bisa dieksplorasi. Anda bahkan bisa mengajak Tamagotchi peliharaan untuk bermain petak umpet di kota virtual itu.

Drone Tipe MALE, Inovasi BPPT untuk Kemandirian Alutsista

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menghadirkan drone yang diyakini mampu terbang tanpa henti selama 24 jam dan memiliki pengendalian multiple UAV secara bersamaan (simultan). Konsep operasi drone MALE ini memungkinkan untuk melakukan pengawasan dalam menjaga kedaulatan NKRI, baik di wilayah darat maupun laut melalui pantauan udara. Penjagaan ini sangat efisien dan mampu meminimalisir risiko kehilangan jiwa. Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa PUNA MALE merupakan inovasi karya anak bangsa. "Pesawat tanpa awak MALE ini hasil rancang bangun, rekayasa dan produksi anak bangsa," ujar Hammam, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 30 Desember 2019. Pemerintah, kata Hammam, terus berfokus untuk melakukan pengawasan kedaulatan negara namun melalui upaya pengawasan yang efisien. "Kebutuhan pengawasan dari udara yang efisien dan kemampuan muatan yang lebih besar dan jangkauan radius terbang yang jauh secara kontinyu menjadi kebutuhan yang harus diantisipasi," kata Hammam.

Pindad Rampungkan Sertifikasi Tank Medium

Saat ini, Pindad terus melakukan upaya penyelesaian sertifikasi medium tank. Direktur Teknologi dan Pengembangan Pindad Ade Bagdja mengatakan, sertifikasi ini akan rampung dalam satu-dua bulan ke depan. "Di jadwal, sertifikasi ini ditargetkan selesai pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang," kata Ade saat Seminar Nasional Uji Ledak Ranjau Tank Medium di Graha Pindad, Jumat (13/7). Menurutnya, sertifikasi yang dilakukan tersebut meliputi dua mata uji. Yakni, uji mobilitas daya gerak dan daya gempur. Pada Kamis (12/7) lalu, pihaknya melaksanakan uji ledak ranjau di Lapangan Tembak Pussenarmed Batujajar. Uji ledak ranjau ini mengacu pada standar internasional. Uji ledak ranjau ini merupakan kal ipertama di Indonesia yangdilakukan terhadap produk medium tank. Ranjau yang diledakkan yakni sebesar 8 kg TNT di bawah hull dan 10 kg TNT di track. Tujuan uji ledak itu untuk verifikasi desain sesuai level proteksi ranjau yang ditetapkan dan menguji kemampuan kendaraan dalam melindungi awak kendaraan. "Pengujian Kamis kemarin, secara kuantitatif itu berhasil. Tapi, secara kualitatif harus menunggu hasil yang masih dalam proses," sebutnya.